Senin, Juli 05, 2010

PROPOSAL PAKET B


KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, karena berkat Petunjuknya Proposal Block Grant Program BOP Paket B setara SMP Kelas VII Semester 3 – 4, Di Desa Ladang Panjang   Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi tahun 2010 telah dapat diselesaikan.

Proposal ini dibuat dengan tujuan untuk memperoleh Dana Block Grant Program BOP Paket B setara SMP dari Balai Pengembangan Pendidikan Nonformal (BP-PNFI) Regional I Medan. Program BOP Paket B setara SMP Kelas VII semester 3 – 4 ( Juli 2010 – Juni 2011 ).

Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyelesaian Proposal ini khususnya Bapak Kepala Balai Pengembangan Pendidikan Nonformal dan Informal ( BP-PNFI ) Regional I Medan yang telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk melaksanakan program ini dan bapak Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Muaro Jambi yang telah memfasilitasi kami untuk mengajukan proposal ini.

Akhir kata kami mengaharapkan semoga proposal ini mendapat respon yang positif dari Bapak Kepala Balai Pengembangan Pendidikan Nonformal dan Informal (BP-PNFI) Regional I Medan sehingga kami dapat melaksanakannya pada tahun ini, Terima Kasih.


                                                                                    Sengeti,    Maret 2010
                                                                                    Kepala SKB Muaro Jambi



                                                                                    Drs. Rossa Candra Budy
                                                                                    Nip. 132 132 703




 









SURAT REKOMENDASI

Yang bertanda tangan dibawah  ini Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Muaro Jambi Menerangkan bahwa :

NamaLembaga                               :  SKB Muaro Jambi
Kepala                                           :  Drs.Rossa Candra Budy
Alamat                                           :  Jln Lintas Timur-Sengeti
Tlp.                                                :  (0741) 590100

Adalah lembaga yang berbadan hukum yang diakui berdasarkan Undang-undang dan mempunyai kelayakan untuk melaksanakan Program Pendidikan Masyarakat dan berhak mengusulkan kepada BP-PNFI Regional I Medan untuk memperoleh dana Penyelenggaraan program Pendidikan Kesetaran Paket B setara SMP Kelas VIII  semester 3-4 Desa Ladang Panjang  Kec. Sungai Gelam Kab. Muaro Jambi.

Demikian surat pernyataan ini dibuat dengan sebenar-benarnya untuk dapat di pergunakan sebagaimana mestinya.


                                                                   Bukit Cinto Kenang, 12 Maret 2010
 Kepala Dinas Pendidikan
 Kabupaten Muaro Jambi


                                                                    Drs. H.Imbang Jaya
                                                                    Nip. 1963 0826 1984 03 1002



DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
HALAMAN REKOMENDASI
DAFTAR ISI
BAB I . PENDAHULUAN
  1. Gambaran Profil Lembaga
  2. Internal
  3. Eksternal
  4. Tujuan

BAB II. RENCANA AKSI
  1. Sasaran
  2. Materi Pelajaran yang akan diajarkan
  3. Tutor /NST/ Instruktur
  4. Uji Kompetensi Penilaian Peserta Didik

BAB III. PROGRAM AKSI
  1. Lokasi Penyelenggaraan
  2. Tahapan pelaksanaan
    1. Perencanaan
    2. Proses Pembelajaran teori
    3. Proses Pembelajaran Praktek
    4. Jadwal Pembelajaran
    5. Tahapan Evaluasi
    6. Ujian Penguasaan Teori dan Praktek
    7. Uji Kompetensi

BAB IV. RENCANA TINDAK LANJUT
A.     Penetapan dan pendampingan lulusan yang bekerja
B.     Pembinaan bagi lulusan yang berkeinginan untuk usaha sendiri

BAB V .INDIKATOR HASIL
BAB VI . RENCANA ANGGARAN BELANJA
BAB VII PENUTUP














BAB I
PENDAHULUAN


A. Gambaran Profil Lembaga
1.  Tugas Pokok SKB Muaro Jambi
a).  Melaksanakan  pembuatan percontohan dan pengendalian mutu pelaksanaan dan pendidikan luar sekolah, pemuda dan olahraga berdasarkan kebijakan teknis Direktur Jebdral Pendidikan  Luar Sekolah, Pemuda dan Olahraga.( SK Mendikbud RI, Nomor 023/0/1997)
b). Menyelenggarakan Program Paket A, Paket B dan Paket C dalam rangka Pemberantasan Buta Huruf. ( Perda Kabupaten Muaro Jambi Nomor 16 tahun 2003)
2.  Fungsi Lembaga SKB Muaro Jambi
a)      Pembangkitan, pertumbuhan kemauan masyarakat dalam rangka terciptanya masyarakat gemar belajar.
b)      Pemberian motivasi dan pembinaan masyarakat agar mau dan mampu menjadi tenaga pendidik dalam melaksanakan azaz saling membelajarkan.
c)      Pemberian pelayanan informasi kegiatan pendidikan luar sekolah, pemuda dan Olahraga
d)      Pembuatan percontohan berbagai program dan pengendalian mutu pelaksanaan program pendidikan luar sekolah, pemuda dan Olahraga.
e)      Penyusunan dan pengadaan sarana belajar muatan lokal
f)        Penyediaan sarana dan fasilitas belajar
g)      Pengintegrasian dan penyingkronisasian kegiatan sektoral dalam bidang pendidikan luar sekolah , pemuda dan olahraga.
h)      Pelaksanaan pendidikan dan pelatihan tenaga pelaksana pendidikan luar sekolah,pemuda dan olahraga.
i)        Pengelolaan urusan tata usaha sanggar.





B.  Internal
            Kelompok   belajar   Paket B  setara  SMP  Kelas VII   Semester 3-4 ini proses belajar mengajarnya dilaksanakan di gedung  SD Di Desa Ladang Panjang Kecamatan Sekernan Kabupaten Muaro Jambi dan mempunyai sarana prasarana yang lengkap seperti :
1.      Modul Paket B Setara SMP
2.      Buku induk peserta didik
3.      Buku nilai peserta didik
4.      Kurikulum KTSP tingkat derajat kelas I semester 1-2
5.      Bahan dan peralatan keterampilan
6.      Buku-buku penunjang yang relevan
7.      Buku pedoman Penyelenggaraan Program Paket B Setara SMP
8.      Ruang Belajar yang layak dalam pelaksanaan KBM
9.      Fasilitas pendukung yang relevan lainya
10.  Tenaga pendidik Paket B Setara SMP

C.  Eksternal

Penyelenggaraan Program Paket B setara SMP ini, bermitra dengan sekolah sederajat SMP dan lembaga yang terkait dengan program Paket B setara SMP, adalah sebagai Berikut :
  1. Kepala Desa Bukit Baling
  2. SMP Negeri 6 Muaro Jambi
  3. KUPPK Kecamatan Sekernan
  4. Dinas Pendidikan  Kabupaten Muaro Jambi

D. Tujuan
1.       Mempasilitas pendidikan bagi kelompok masyarakat yang karena keterbatasan social, ekonomi, waktu, kesempatan dan geografis tidak dapat bersekolah pada usia sekolah.
2.       Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengelolah sumber daya yang ada dilingkungannya untuk meningkatkan tarif hidupnya.
3.       Memberikan kesetaraan akademik Paket B setara SMP yang dapat dipergunakan untuk melanjutkan pendidikan ataupun untuk melamar pekerjaan.
BAB II
RENCANA AKSI

A.  Sasaran

      1.Karakteristik Sasaran

         Sasaran dari kegiatan program Lanjutan Paket B Setara SMP Kelas VII Semester 3 – 4 ini berjumlah 25 orang, yang terdiri dari  14 orang laki-laki dan  11 orang perempuan, dengan usia berkisar antara 15 s.d 30 tahun. (Data peserta didik terlampir)
B.  Materi Pelajaran Yang Akan Diajarkan
  1. Pendidikan Agama
  2. Pendidikan Kewarganegaraan
  3. Bahasa Indonesia
  4. Bahasa Inggris
  5. Matematika
  6. Ilmu Pengetahuan Alam
  7. Ilmu Pengetahuan Sosial
  8. Seni Budaya
  9. Pendidikan Jasmani
  10. Muatan Lokal
  11. Keterampilan Fungsional
C.  Tutor

Tenaga Pendidik Program Lanjutan Paket B Setara SMP ini berjumlah sebanyak 7 orang yang terdiri dari 4 orang laki-laki dan 3 orang perempuan, dengan tingkat pendidikannya Diploma II dan Sarjana.
Data Tutor Paket B Setara SMA
No
Program
Laki-Laki
Perempuan
Jumlah
1
Paket A
-
-
-
2
Paket B
4
3
7
3
Paket C
-
-
-
Jumlah
4
3
3


D. Pembelajaran Terdiri Dari :
1. Strategi Pembelajaran
      Pelaksanaan proses belajar mengajar tutor mengadakan tatap muka selama 3 kali dalam seminggu, untuk selanjutnya lebih difokuskan pada pembutan tugas dan belajar sendiri   agar peserta didik dapat belajar secara mandiri. Penyampaian tiori dilakukan secara detail sehingga penyerapan materi tiori oleh peserta didik dapat dilakukan dengan mudah. Disamping itu, peserta didik akan diberi modul-modul pendukung sebagai bimbingan agar peserta didik dapat memahami sendiri, dan mengembangakan pembelajarn itu sendiri.
2. Pesentase Pembelajaran Praktek dan mekanisme
      Kegiatan dari pembelajaran praktek melalui porsi 5 % dari keseluaruan kegiatan yang ada. Praktek akan dilakukan pada akhir semester yaitu jenis keterampilan yang disesuaikan dengan kebutuhan lapangan kerja atau kebutuhan masyarakat setempat. Disamping itu, untuk memberi keleluasaan dan membiasakan peserta didik dalam menggunakan perangkat-perangkat pendukung. Maka selama proses pelatihan, peserta didik akan dibekali peralatan-peralatan pendudkung yang diperlukan secara teknis.
      Untuk penguasaan perangkat lunak, maka peserta didik akan diberikan kesempatan untuk menguasai pelatihan yang telah diselenggarakan, dibawah pengawasan pembimbing, kemudian latihan keterampilan sampai benar-benar peserta didik paham. Hal ini bertujuan agar peserta didik bisa meningkatkan pengetahuan dan kemampuan keterampilan sebagai bekal kehidupan ditengah masyarakat sebagai upaya untuk meningkatkan sumber daya manusia. Dengan peningkatan sumber daya manusia maka meningkatlah kesejahteraan hidupnya, yang merupakan harapan kita semua.       

 E.Kompetensi Meliputi Penilaian Peserta Didik Melalui Tiori dan Praktek
Strategi penilaian dalam rangka menguji kompetensi peserta didik terhadap materi yang telah diberikan, maka tutor dan pengelola melakukan berbagai test atau ujian, yang terdiri dari :
1. Pengamatan harian berupa : 
      a. Persentase kehadiran
      b. Kedisplinan
      c. Ketekunan
      d. Kamauan
      e. Ketelitian
      f. Bertanggung Jawab.
2. Ujian Tertulis berupa :
      a. Pre test, untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik terhadap materi yang diajarkan
      b. Post test, untuk mengetahui kemampuan peserta didik setelah materi diberikan oleh tutor
      c. Mid semester, untuk mengetahui kemampuan peserta didik setelah proses pembelajaran berlansung 6 bulan yang nantinya akan dilanjutkan dengan ujian semester.
      d. Ujian semester, untuk mengetahui kemampuan peserta didik setelah proses pembelajaran berlansung 6 bulan atau 1 semester yang dilanjutkan dengan semester II.
3. Ujian Praktek
      Disamping pengamatan harian dan uji tertulis, maka diadakan pula penguasaan peserta didik secara praktisi terhadap materi ajar. Ujian praktek keterampilan ini akan dilakukan pada akhir semester 3 dan awal Semester 4.






















BAB III
PROGRAM AKSI

A.  Lokasi Penyelenggaraan
Program Lanjutan Paket B Setara SMP Kelas VII semester 3 – 4 ini, merupakan program  tahun 2009    Program ini diikuti oleh sebanyak 25 orang peserta didik yang dilaksanakan di Desa Ladang Panjang Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi. Penyelenggaraan Program Lanjutan Paket B setara SMP ini adalah SKB Muaro Jambi. Jl. Lintas Timur Sengeti Tlp./Fax (0741) 590100.
Susunan Penyelenggaraan Program Lanjutan Paket B setara SMP ini adalah Kelompok Anak Bangsa di Desa Ladang Panjang Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi.

No
Nama
Jabatan
Ket

1
2
3

Drs. Rossa Candra Budy
Isnaini, S.Pd
Zuherdi, SE

Kapala SKB
Pamong Belajar
Pamong Belajar

Penangung Jawab
Penyelenggara
Bendahara

 
B.  Tahapan Pelaksanaan

1.  Perencanaan
1.1.  Proses Pembelajaran tiori
Dalam pembelajaran proses belajar mengajar sesuai dengan kurikulum program Lanjutan Paket B. Pelaksanaan proses belajar mengajar tutor mengadakan tatap muka 3 kali dalam seminggu, selanjutnya lebih difokuskan pada pembutan tugas dan belajar sendiri agar peserta didik dapat belajar secara mandiri. Penyampaian teori dilakukan secara detail  sehingga penyerapan materi teori oleh peserta didik dapat dilakukan dengan mudah. Di samping itu peserta didik akan diberi modul-modul pendukung sebagai bimbingan agar peserta didik dapat memahami dan mengembangkan sendiri.




1.2..  Proses pembelajaran praktek
Disamping teori juga diberikan praktek keterampilan yang diharapkan dapat menambah  pengetahuan dalam bidang kecakapan hidup. Di tahun 2009 telah dilaksanakan  praktek keterampilan pembuatan

C.     Jadwal pembelajaran

Hari                        :  Senin, Selasa, Dan Kamis
      Jam                        :  14.00 s.d 17.30 Wib

No
Hari
Mata Pelajaran
Waktu
1
Kamis
1. Pendidikan Agama Islam
2. B. Indonesia
3. IPA
14.00 – 15.00 Wib
15.00 – 16.00 Wib
16.00 – 17.30 Wib
2
Jum’at
1. B. Inggris
2. Matematika
3. Penjas
14.00 – 15.00 Wib
15.00 – 16.00 Wib
16.00 – 17.30 Wib
3
Sabtu
1. IPS/Ekonomi
2. PPKn
3. Muatan Lokal
14.00 – 15.00 Wib
15.00 – 16.00 Wib
16.00 – 17.30 Wib



D. Tahapan evaluasi
a.       Mempersiapkan soal-soal yang akan di uji serta perlengkapan yang relevan demi ketuntasan dan kesuksesan Program Lanjutan Paket B setara SMP.

b. Mid semester, Untuk mengetahui kemampuan peserta didik seteleh proses pembelajaran berlansung 3 bulan, yang nantinya akan dilanjutakan dengan ujian semester
c. Ujian semester, untuk mengetahui kemampuan peserta didik seteleh proses pembelajaran berlansung 6 bulan atau 1 semester yang akan dilanjutkan dengan semester berikutnya. 

6.  Uji Kompetensi Penguasaan Teori dan Praktek
      Untuk melihat hasil pelaksanaan program pada peserta didik, tutor mengadakan berbagai test atau ujian :
      a. Pengamatan harian berupa :
            1. Persentase Kehadiran
            2. kedisiplinan
            3. Ketekunan
            4. Kemauan
            5.Ketelitian
            6. Bertanggung Jawab
b. Ujian Tertuli berupa :
      a. Mid test, untuk mengetahui perkembangan materi belajar oleh peserta didik, sehingga akan memperoleh kebijakan untuk menyasati teknik penyampaian materi ajar
      b. Ujian semester untuk mengetahui secara keseluruan, apakah materi ajar yang telah disampaikan dapat diterima oleh peserta didik secara utuh.
           
































                  
BAB IV
PENUTUP


Keberhasilan pendidikan kesetaraan sangat berpengaruh terhadap upaya peningkatan kualitas daya manusia yang pada gilirannya akan dapat meningkatkan tarap hidup masyrakat Indonesia.

Berbagai persoalan yang menyelimuti pelaksanaan program kesetaraan baik yang dilontarkan oleh pakar dan pemerhati pendidikan harus disikapi secara arif dan bijaksana, dalam upaya menyuseskan program pendidikan luar sekolah.

Akhir-akhir ini terjadi perubahan cara pandang terhadap pendidikan kesetaraan dimana semula pendidikan kesetaraan ditujukan kepada warga masyarakat yang tidak mampu secara ekonomi, sekarang pendidikan kesetaraan diarahkan untuk melayani seluruh warga masyarakat yang tidak sesuai dilayani dengan pendidikan formal dengan tidak membedakan kemampuan ekonomi.

Pelaksanaan program Paket B setara SMP kelas VII Semester 1 – 2 di Desa Bukit Baling Kecamatan Sungai  ini, sumber dananya berasal dari Dipa BP-PNFI Regiaonal I Medan. Program ini merupakan program baru tahun 2009, dimana peserta didiknya belajar pada kelas VII semester 1 – 2.


                                                                         Sengeti,   5  Maret 2009
                                                                        Kepala SKB Muaro Jambi


                                                                           Drs. Rossa Candra Budy
                                                                                  Nip. 132 132 703